Thursday 22 January 2015

CERTITA SEDIH PENDEK #2 (Tersenyum dalam kepedihan)

TERSENYUM DALAM KEPEDIHAN

Semuanya dimulai 5 tahun yang lalu, memory itu seakan masih terlihat jelas ketika aku menutup mata. Hari dimana kakiku menginjak disekolah baruku sebagai anak kelas 2 SMA. Mata hijaunya yang tajam, rambut hitam sepundakya yang terkuncir rapih, syal putihnya, dan kewibawaanya sebagai lelaki. Hari dimana aku bertemu Aaron Thysson. 

Aku adalah anak baru, dan dia adalah seorang ketua osis yang sangat dikenal dengan amarah dan kejutekannya, pemandangan yang aneh, ketika kami berjalan bersama menyusuri lorong sekolah. Dia mempunyai tugas khusus dari kepala sekolah, untuk membawaku keliling sekolah, karena aku adalah anak dari pemilik sekolah itu. 

Selama perjalanan, dia terus berbicara, membicarakan fungsi setiap kelas yang kami lewati, dan aku mendengarkannya dengan seksama, sampai ketika angin besar bertiup ketika kami berada ditengah lapangan menuju ruang olahraga. Angin itu meniup syal aaron sampai terjatuh, dan dia segera berlari mengejar syalnya. Wajahnya begitu resah, dan tangannya bergetar membetulkan syalnya. Melihat itu, aku segera mendekatinya, ingin membantunya memakai kembali syalnya, tetapi, dia berteriak, membentakku untuk tidak bergerak maju sedikitpun, dan disaat itu, hanya beberapa detik, sebuah bekas jahitan, tercetak dilehernya, aku melihatnya. Mataku tidak pernah berbohong kepadaku. 

Setelah itu, setelah dia membetulkan syalnya, dia kembali berbicara dan memanduku seakan semuanya tidak pernah terjadi. Tetapi, berbeda denganku, fokusku tepat menuju leher aaron yang terbelit syal putihnya. 

15 menit kami berkeliling sekolah, dan akhirnya berhenti dihadapan pintu kelas yang tertutup, kelas yang merupakan kelas kami berdua, tujuan akhir tur ini. Dihadapan pintu itu aaron terdiam sambil menundukan kepalanya. Dia menahan tanganku yang ingin membuka pintu kelas dihadapan kami. Dan sebuah kalimat yang mengejutkanku, keluar dari bibirnya, “Annastasha Roberth, aku akan melakukan apapun selama kau tidak mengeluarkan sepatah kata tentang sesuatu dibalik syal ini.” 

“jadilah pacarku,” setidaknya kuharap aku bisa mengatakan itu. Tetapi, kalimat pilihanku sangatlah tidak mengecewakan juga. Aku menaruh kedua tanganku diwajahnya, dan memaksanya untuk menatap mataku. Dimulai dengan tarikan nafas yang panjang, aku tersenyum lebar, dan menampar pelan pipi kanannya berulang kali, “berbahagialah dan tersenyum selalu, itu akan sangat membantu.” aku tidak berharap banyak kepadanya, tetapi, pada saat itu juga, sepuluh detik setelah aku mengucapkan kalimat itu, dia tersenyum tepat dihadapan wajahku.

Setahun kemudian, masih disekolah yang sama, aku dikenal menjadi sang putri. Bukan karena ayahku sang pemilik sekolah, tetapi, karena aku adalah seseorang yang selalu didahulukan oleh aaron. Ya, benar, kami menjadi seorang sahabat, dan aku hanya satu satunya yang mengetahui hampir seluruh tentang aaron, termasuk asal usul bekas jahitan dilehernya yang selalu ditutupi oleh syalnya.
Aaron Thysson, adalah seorang anak genius disegala hal. Ayahnya adalah seorang proffesor fisika, dan ibunya adalah seorang guru TK yang bekerja dengan percuma. Dia memiliki seorang kakak lelaki, Ramon Thysson, seorang penulis romance terkenal, setidaknya dulu dia mempunyai kakak lelaki. 
Ketika Aaron masih kelas 5 SD, kakak dan ayahnya, meninggal dunia dihari dan kejadian yang sama, kecelakaan kendaraan, sebuah truk menabrak mobil Ramon Thysson, ketika dia dan ayahnya sedang berencana untuk membelikan hadiah ulang tahun untuk aaron. 

Dua tahun setelah kematian ayah dan kakaknya, aaron yang baru saja menginjak umur 13 tahun, mengetahui ibunya mengalami ganguan mental. Takut dipisahkan dari keluarganya lagi, dia menutup mulutnya bahkan kepada keluarganya yang lain. Aaron selalu berusaha keras agar keadaan ibunya tidak diketahui oleh orang orang yang ada disekitarnya. Untuk membiayayi hidupnya, dengan kepintarannya, aaron kecil meneruskan karangan tulis kakaknya, dan mengirimnya kepenerbitan dengan nama penanya, dan berhasil menghasilkan uang untuk hidup selama 2 tahun bersama ibunya.

Tetapi, suatu malam, ditanggal yang sama dengan kematian kakak dan ayahnya, aaron yang tertidur dikamarnya, dibangunkan oleh bunyi nyaring seakan seseorang sedang memecahkan sesuatu. Dia segera berlari dengan HP ditangan kanannya yang sudah tertulis dengan nomor polisi untuk berjaga jaga, dan mendapati ibunya sedang berjalan dipecahan piring dan gelas dengan kaki yang tak beralas, dan sebuah pisau ditangan kanannya. 

Ibunya berjalan mendakati aaron yang akhirnya membuatnya terpojok. Aaron pun akhirnya memencet tombol hijau untuk menghubungi polisi, dan tangannya yang bergetar menjatuhkan HP-nya. Ibunya meemeluknya, dan membisikan kalimat dikuping aaron, “anakku, kau terlihat bahagia sekali. Oh.. Aaron, apa yang kau lakukan? Ini hari ulang tahunmu bukan? Aaron.. Ibu sayang aaron, ramon dan ayahmu juga. Aaron.. Jangan menangis.. Ramon dan ayahmu sedang membelikanmu sesuatu, tunggulah mereka akan datang.. Aaron... Mereka akan kembali... Aaron... Mereka.. Mereka.. Mereka tidak akan kembali! Ini semua salahmu! Mengapa mereka begitu sayang padamu dan membelikan hadiah untukmu! Jika kau tidak lahir, mereka semua tidak akan mati... Ramon... Anak kesayanganku... Suamiku... Aaron... Kau harus menjemput mereka kembali....” Dan itulah bagaimana aaron mendapatkan sayatan dilehernya. 

Setelah menyayat leher anakanya, ibunya berlari kelantai atas rumahnya, dan meloncat dari lantai dua. Beruntung bagi aaron, kumpulan polisi dan sebuah ambulan segera datang dan berhasil memberhentikan darahnya. Sedangkan untuk ibunya, dia mengalami koma, dengan borgol dikedua tangannya. 
Bel sekolah berbunyi, aaron dan aku pulang bersama, karena rumah kami berada diarah yang sama. Dengan sebuah sepeda, biasanya Aaron memboncengiku sampai kerumahku, walaupun sebenarnya ayahku sudah menyiapkan mobil untukku.

Hari itu, kami memutuskan untuk mengambil rute yang panjang agar bisa berbicara lebih lama, dan aku masih mengingat setiap detail apa yang kami ucapkan.

“anna, Ibuku, berbicara kemarin, walupun dia masih tidak sadarkan diri. Aku ada disana, disampingnya. Dia mengatakan bahwa semuanya salahku, tetapi, aku sangat bahagia!” kalimat itu diucapkan Aaron dengan sangat bahagia. Aku memang berada dibalik punggungnya, tetapi, aku tahu dia sedang tersenyum lebar. Akupun menanyakan mengapa dia sangat bahagia mendengar ibunya mengatakan itu, dan dia mengucapkan sesuatu yang membuatku ingin menangis, walaupun dia mengucapkannya dengan nada yang sangat bangga.

bagaimana tidak? Aku bahagia dia masih memiliki kesempatan untuk hidup. Aku tidak akan meneteskan air mataku lagi dan mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang aku sayangi. Walaupun nanti dia akan terus menyalahkanku akan semua yang terjadi, tetapi, aku bahagia karena aku masih bisa mendengar suaranya, nafasnya, dan melihat wajahnya. Dan jika aku harus mati, aku akan memilih untuk dibunuh oleh ibuku sendiri, karena wajahnyalah yang akan menjadi pemandangan terakhir untukku. Aku akan sangat bahagia!”

Satu minggu setelah aaron mengucapkan itu, aku mendengar kabar bahwa ibunya kembali kerumahnya, dikabarkan bahwa sakit mentalnya telah hilang, dan aaron dengan uang dari keluarganya yang lain, berhasil membebaskan ibunya dari hukuman percobaan pembunuhan. Dan 3 hari setelah kembalinya sang ibunda, dipagi hari, aku menyalakan tv dan sebuah berita mengabarkan bahwa telah ditemukan dua mayat, seorang remaja lelaki dengan pisau yang tertancap dijantungnya, dan seorang perempuan yang merupakan ibunya, yang memiliki bekas suntikan obat terlarang, denga posisi memeluk anaknya. Tak perlu mendengar nama kedua korban, melihat rumah dari siaran tv itu, aku tahu, aaron sudah berada didunia yang berbeda denganku.

Mendengarnya, aku bingung apa yang harus kulakukan. Dan pada akhirnya, akupun menangis, membasahi bibirku yang tersenyum dengan ikhlas, “aku tahu kau sedang tersenyum sekarang, Aaron. Aku tahu kau sedang berbahagia sekarang, selamat jalan, sahabatku.” 



3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Cerita yang bagus. Minat bikin kaos ala distro, mampir ya ka ke IG -> Https://instagram.com/yumestudioo

    ReplyDelete