Thursday 22 January 2015

CERITA SEDIH PENDEK "BAWA AKU BERSAMAMU"

BAWA AKU BERSAMAMU

Semuanya telah berubah. Dulu aku selalu mengira bahwa dia akan selalu ada, tidak peduli kapan atau apa yang sedang dia lakukan dan semacamnya. Aku ingat bagaimana dulu dia memanggil namaku, lembut dan sangat nyaman. Kenapa dia memintaku untuk memakianya, mengapa bukan dia yang memakainya? dan jika dia yang memakainya, itu akan lebih baik. Mengapa dia selalu memintaku? Dan brengseknya aku, aku mengambilnya dengan sangat mudah, “mengapa?”

“Rachel? Kau mendengarku? Apakah kau sudah bangun?!”
Suara itu, sepertinya itu suara ibuku, “kenapa kau seperti itu ibu, seperti kau menantiku untuk aku bangun? Aku haya tidur ibu!”

Ibu menggerakan tanya dan dengan sangat tiba tiba ibu memeluku dengan sangat erat, dan akupun sadar aku sedang tidur dikasur ruah sakit. Untuk beberapa saat aku melupakannya semuanya, dan terus bertanya tanya dikepalaku, “kenapa aku disini?” sampai pada akhirnya aku mengingat semuanya begtiu saja, seperti bernafas, sangat simple untuk mengingat semua yang sudah terjadi.

Air mataku terus berjatuhan. Pelukan ibuku semakin erat, “ibu turut berduka cita” bisiknya. Aku tidak bisa menahannya, dan memberontak, memaksa untuk berjalan menemuinya. Tetapi, telat bagiku, orang orang asing dengan pakaian serba putih mereka menahanku dan menyuntikanku sesuatu. Pikiranku kembali melayang, dan semunya semakin gelap dan gelap. Dengan reaksi mereka ketika aku melakukan sedikit perlawanan, aku taku “ah.. Dia telah pergi.” Aku masih bisa merasakan ketika air mata terakhirku jatuh mengaliri pipiku.

Semuanya menjadi gelap, aku tidak bisa melihat apapun, dan terus mengedipkan matakau. Rasanya sangat dingin. Dan entah bagaimana, aku terjatuh dan menagis seperti anak kecil, terus memangil namanya, dan terus bertanya tentang banyak hal, “tim. Dimana kau? Tim.. Aku merindukanmu.. Tim.. Mengapa kau melakukan ini kepadaku? Tim.. Mengapa??.. Apakah kau mencintaiku??”

Aku menutup mataku, dan terus memohon kepada tuhan sesuatu yang kukira tak akan pernah dikabulkan, “biarkan aku memutar ulang waktu kembali, dan berbicara dengannya sampai aku rela untuk melepaskannya,” Aku terus memohon dan membuka mataku, percayalah padaku, pada saat itu aku tidak kembali kedalam kegelapan lagi, tetapi disaat sebelum kejadian itu terjadi.

Aku menemukan diriku kini sedang memeluk Tim yang sedang menyetir motornya, “rachel, apakah kau mencintaiku?” tanyanya. Aku mengangguk dan menangis diam diam disaat yang sama, mengetahui bahwa pertanyaanitu adalah pertanyaan yang sama seperti yang lalu. Aku memohon semoga dia tidak menanyakan pertanyaan lagi yang sama, berharap semuanya tidak akan terulang lagi, tetapi, dia melakukannya.

“maukah kau membantuku? Pakailah helm yang kugunakan, okey?”

Aku ingin sekali mengucapkan “Tidak!” dan ketika aku akan melakukannya, tiba tiba, semuanya menjadi putih, “Apa yang kau lakukan?” sebuah suara yang similiar dengan Tim bertanya.
“Tim?” aku bertanya balik, dan akupun menemukan dia sedang terduduk dikursi taman dengan pakaian yang juga serba putih. Dia tersenyum dan memnaggil namaku, “Rachel.”

Aku tidak bisa menahan lagi, dan segera berlari kepelukannya, dan memeluknya seerat yang aku bisa, “Mengapa kau melakukan ini kepadaku? Ikutlah denganku! Kita harus kemabli, kau harus kembali!” Aku menarik tangan Tim sekuat mungkin, tetapi dia tidak bergerak se-inci pun. “Apa yang kau lakukan? Ayo Tim!” aku memandanganya lurus ke matanya, dan menagis.

“Rachel, kau tahu aku tidak bisa.” ucapnya dengan pelan, sambil menghapus air mataku, “tak apa, semuanya akan baik-baik saja.”

“menagap? Bagaimana kau bisa mengatakan bahwa semuanya akan baik baik saja? Ini sangat tidak baik Tim!”

Tim menarikku kedalam pelukannya, “menagislah, menangislah sebanyak yang kau mau, maafkan aku, semuanya adalah salahku.” bisikanya.

“iya.. Semuanya memang salahmu! Kau bodoh!” ucapku. Aku menagis dipelukannya untuk waktu yang cukup lama, sampai akupun tenang. Kami kemudian duduk berseblahan, saling bertatap mata, dan saling menggenggam tangan satu sama lain.

“Apa yang kau lakukan Rachel? Tadi kau ingin mengucpakan tidak, bukan?” tanya Tim.

“mengapa? Tidak bisakah aku melakukan itu? Sebanyak apapun kau memintaku untuk menggunakan helm itu, aku akan terus mengatakan tidak!” bantahku dengan suaraku yang tergoyah.

“itu namanya takdir, Rachel. Dan kau tidak akan pernah bisa merubahnya. Kematian adalah takdir. Katakanlah kau tidak menggunkan helmku, semuanya akan sama saja, aku akan mati dan kau tidak, kau mengerti?”

Mendengar alasanya, aku terus membantah, dan mengucapkan bahwa takdir itu tidak adil, “Tidak! Tidak! Kau salah! Mengapa haru ka!! Kenapa bukan aku? Semuanya tidak adil!”

“Rachel! Jangan berbicara seperti itu! Aku tidak akan membiarkanmu mati! Aku tidak akan pernah membiarkanmu mati ketika aku masih hidup!” bentak Tim yang membuatkku terkaget, “jangan mati! Hiduplah dengan bahagian Rachel. Lakukan itu untukku! Berjanjilah! Hidup untukku! Aku mencintaimu dan aku ingin melihatmu bahagiia, hidup dan bukan mati! Itulah mengapa aku memberikan helm ku! Jangan... Hanya daja, jangan biarkan kematianku menjadi sesuatu yang sia sia. Kau mengerti Rachel?” 

Aku terkejut mendengarnya, dan sangat susah bagiku untuk mengangguk, tetapi, entaha bagaiman, aku tidak ingin mengecewaknnya, dan mengangguk, dan akupun memeluknya dengan tulus dan menutup mataku, “yeah, aku mengerti.” Aku merasakan tetesan air mata hangat dipundakku, dan Tim pun berbisik “terimakasih.”

“Rachel? Apakah kau mendengarkanku? Pakai helm ku!”

Aku membuka mataku dan aku kembali lagi kehari itu. Kalimat yang diucpkan tim “jang menyia nyiakan kematianku..” melintas dikepalaku dan akupun menghapus air mataku, dan melepas hem yang dikenakannya dan memakainya. Aku memeluknya dengan segenap hati, “terimakasih untuk segalanya.” ucapku.

Dan seperti yang dikatak kepadaku, rem motor Tim rusak, dan kamu menabrak sebuah mobil. Aku tahu bahwa pada saat itu Tim mengetahui bahwa Remnya rusak, dan memberikan helmnya kepadaku. Dan sekrang, 50 tahun setelah kejadian, terbaring di kasur rumah sakit yang sama bersama dengan anakku Tim yang sedang memegang tangaku, aku berani untuk mengatakan ini, “yeah, aku hidup dengan bahagia.” sekarang, aku menunggu kedatangan Tim untuk kembali memegang tanganku.

“Rachel, kau mencintaiku?” dan dia disana, berdiri tepat dihadapanku, sambil memegang tanganku dan tersenyum.

“yeah, aku mencintaimu. Bawalah aku bersamamu.”

No comments:

Post a Comment