Wednesday 1 October 2014

IPS dengan ISD, APAKAH MEREKA SAMA?



Kesosialisasian dalam bentuk sederhana

Apakah yang dimaksud dengan IPS ?

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah sebuah bidang studi yang memadukan sejumlah pelajaran sosial (ekonomi, sejarah, geografi...). IPS juga merupakan pengetahuan yang mempelajari hal hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial manusia.

Apakah yang dimaksud dengan ISD ?
ISD (Ilmu Sosial Dasar) adalah sebuah bidang studi, yang mempelajari tentang hal hal yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosial yang ada disekitar kita.


Dari definisi kedua bidang studi, banyak yang menganggap bahwa IPS dengan ISD merupakan dua hal yang sama. YA! keduanya memang dua buah bidang studi yang berdiri sendiri, dan memiliki materi yang diambil dari kenyataan kenyataan, dan masalah sosial,


NAMUN.........



Apakah itu diartikan bahwa IPS dan ISD adalah dua bidang studi yang, jika pribahasa mengatakan, "bagai pinang yang dibelah dua" ?


TIDAKK!!!!!!!

IPS dan ISD, keduanya merupakan dua hal yang sangat berbeda. Banyak hal yang membedekan satu sama lain,




  1. IPS merupakan sebuah bidang studi yang seperti kalian tahu, diajarkan pada tingkat tingak sekolah dasar dan lanjutan, sedangkan ISD diberikan ketika kita menginjak jenjang perkuliahan.
  2. Dari sisi definisi kedua bidang studi, IPS secara garis besar, merupakan bidang studi ilmu pengetahuan campuran (sejarah, ekonomi, geografi...), sedangkan ISD merupakan bidang studi tunggal, yang memang sebuah kesatuan bidang studi.
  3. Apa yang diberikan oleh kedua bidang studi juga saling membedakan. IPS, pada dasarnya, memberikan kita kemampuan intelektual atau kemampuan berpikir yang layak, sedangkan ISD, bidang studi ini memberikan kita pembentukan sikap yang baik dan benar dengan didasari kemampuan intelektual dri hasil pembelajaran IPS. 



Sekarang kalian tahu perbedaan perbedaan dari IPS dengan ISD. Namun, dari perbedaan yang mereka punya, keduanya saling mengikat, dan saling membutuhkan, dalam kata lain, banyaknya pembentukan sikap yang membutuhkan kemampuan intelektual. Dan yang terpenting, keduanya adalah bidang studi yang setidaknya kita patut untuk mengetahuinya, walaupun hanya berkisaran dasar saja.



Sumber :

No comments:

Post a Comment