Tuesday 5 June 2018

TRICK MENGERJAKAN SOAL TOEFL READING SECTION


Tip Umum Mengerjakan Reading Section
Berikut adaiah beberapa tip umum agar mudah mengerjakan Reading Section:
1.       Previewing
Saat melakukan previewing, kamu tidak membaca keseluruhan teks. Yang kamu lakukan hanya:
  • lihat baca judul teks dan anak judul,
  • baca kalimat pertama dari setiap paragraf,
  • dan baca kalimat terakhir dari setiap paragraf.

Previewing membantumu mendapatkan gambaran umum mengenai isi teks dan membentuk ide umum atau ide utama dari tema yang dibahas dalam teks. Lakukan previewing dengan cepat; hanya dalam hitungan detik. Cari ide utama dari teks. Perhatikan judul, anak judul, kata-kata yang dicetak tebal atau dicetak miring serta kalimat pertama dan terakhir dari setiap paragraf.

2.       Membaca Cepat dan Mencari Konteks

Saat membaca cepat, yang kamu caari adalah makna di balik teks (konteks). Kamu Perlu memahami setiap kalimat, bahkan paragraf. namun bukan berati kamu harus memahami kata per kata. Baca teks per frasa; jangan membaca kata-kata secara lepas.
Konteks dapat berupa sebuah kalimat, sebuah paragraf, atau keseluruhan teks. Konteks membantumu membuat prediksi mengenai ide umum sebuah teks. Dengan begitu, kamu dapat mengira-ngira atau membuat tebakan cerdas (intelligent guess) dari arti sebuah kata, frasa, atau ungkapan yang tidak kamu kenali. Dalam tes TOEFL, peserta tidak dibolehkan membawa kamus sehingga keahlian ini sangat berguna. Oleh karena itu, tetap perkaya kosakatamu, di samping mempelajari kata bar berdasarkan konteksnya dalam kalimat.

3.       Membuat Kesimpulan (Inference)

Terkadang, fakta digambarkan secara gamblang dalam teks sehingga kamu dapat dengan mudah mengambil dan menggunakannya untuk menjawab soaI-soal. Namun, fakta tersebut tidak bisa Iangsung digunakan; ada kalanya, kamu perlu terlebih dulu menarik kesimpulan dari sebuah kalimat, sebuah paragraf, atau bahkan dari sebuah teks. ltu artinya, kamu perlu menggunakan fakta yang ada untuk membuat suatu kesimpulan.
Kesimpulan bisa mengenai teks itu sendiri atau mengenai sudut pandang penulis. Misalnya, kamu membaca teks mengenai suku yang tinggal di pulau Papua. Dari pohon sagu, mereka membuat bubur sagu sebagai makanan pokok. Mereka iuga menggunakan kayu pohon sagu untuk membuat perkakas dan ornamen yang digunakan dalam berbagai ritual. Mereka bahkan menggunakan kulit pohon sagu untuk melapisi sebagian tubuh dalam kondisi tertentu. Kesimpulan yang dapat diambil adalah tanaman sagu sangat penting dalam kehidupan dan budaya suku di Papua. Penulis mungkin tidak menyebutkan hai ini secara eksplisit tapi fakta-fakta yang diberikan penulis berujung pada kesimpuian ini.
Jadi, cari fakta-fakta atau bukti-bukti di dalam teks, kemudian tarik kesimpulan berdasarkan fakta-fakta atau bukti~bukti tersebut.

4.       Scanning

Scanning adalah teknik membaca, di mana mata bergerak menyusuri teks dengan cepat untuk mencari informasi spesifik. Saat melakukan scanning, kamu mencari posisi jawaban dari soal yang sedang dikerjakan. Dari soal cari kata kunci yang dibutuhkan untuk menentukan pilihan jawaban. Kemudian, scan teks untuk mencari kata kunci tersebut. Kalimat yang mengandung kata kunci dapat membantumu menentukan pilihan jawaban.
Kata kunci biasanya berupa kata benda, kata kerja, atau kata sifat. Ketika sudah menemukan kaiimat yang mengandung kata kunci, baca dengan teiliti: Apakah makna kalimat dalam teks sama dengan kalimat-kalimat yang ada dalam pilihan jawaban atau apakah makna kalimat tersebut justru beriawanan dengan pilihan jawaban yang tersedia?

5.       Mencari Hubungan dan Merangkumnya

Dalam TOEFL, ada soal yang mengharuskanmu menyelipkan sebuah kalimat dalam paragraf. Untuk soal semacam ini, kamu bisa menggunakan teknik mencari hubungan: menghubungkan kalimat baru dengan ide dasar dari teks. Agar terbiasa dengan soal semacam ini, kamu perlu belajar berpikir aktif. Saat membaca biasakan untuk mengantisipasi kalimat berikutnya yang mungkin akan muncuI. Tip untuk mencari hubungan adalah dengan mencari rujukan atau kata kunci (dapat berupa kata benda, kata hubung, atau kata ganti).
Saat merangkum (summarizing), cari ide dan poin-poin utama dari teks yang dikembangkan oieh penuiis. Gunakan teknik previewing, membaca cepat, scanning, dan mencari kesimpulan untuk membantumu membuat rangkuman. Teknik ini juga sangat berguna untuk mengerjakan bagian-bagian tes lainnya, terutama saat Listening dan Speaking.

No comments:

Post a Comment