Thursday 18 January 2018

AUDIT TATA KELOLA TI

Sebelum kita membahas mengenai audit tata kelola teknologi informasi, apa sih yang kalian tahu mengenai TI? dan apa itu tata kelola TI?

Teknologi Informasi (TI) merupakan teknologi apapun yang membantu manusia dalam mengelola informasi, maupun membuat informasi itu sendiri.

Lalu, APA ITU TATA KELOLA TI?

Dari kalimat "tata kelola" itu sendiri pun, tentu kalian sudah dapat membayangkannya. Tata kelola merupakan sebuah proses, atau sistem untuk mengarahkan/mengelola. Lalu tentu tata kelola TI dapat diartikan sebagai pengelolaan dari teknologi informasi, tapi, UNTUK APA?

Dalam sebuah perusahaan, Teknolohi Informasi tentu perlu dikelola, dan diarahakan agar menghasilkan informasi (jika dalam sebuah perusahaan yang menghasilkan sesuatu, dpt dibilang "produk") sesuai dengan strategi dari perusahaan tersebut.

Sekarang tentu kalian sudah paham maksud dari tata kelola Teknologi Informasi, dan bertanya-tanya apa hubungannya dengan AUDIT?

Kembali ke halaman pertama, AUDIT merupakan sebuah pemeriksaan, atau sebuah evaluasi dari bukti-bukti yang telah dikumpulkan oleh auditor(orang yang melakukan). Dalam melakukan evaluasi tersebut terhadap tata kelola teknologi informasi, auditor membutuhkan Control Objective for Information and Related Technology(COBIT), yang merupakan sebuah dokumentasi untuk membantu auditor mengetahui atau mempelajari mengenai kebutuhan dari teknologi informasi tersebut.

AUDIT TATA KELOLA TI merupakan sebuah evaluasi teknologi informasi yang bermaksud untuk mengetahui kinerja dari tata kelola TI dan memperbaiki kinerja untuk mengontrol manajemen kualitas yang telah berjalan agar menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment